Varietas Unggul Ubikayu

PetaniModern.com.  Sebagai bahan pangan diperlukan varietas unggul ubi kayu yang rasanya enak dan pulen serta kandungan HCN (asam sianida) rendah. Kandungan HCN yang tinggi dapat menyebabkan keracunan bagi manusia maupun hewan, sehingga tidak dianjurkan untuk konsumsi segar.

Selain pemilihan dan penerimaan suatu varietas unggul ubi kayu oleh petani dan pengguna lainnya juga ditentukan oleh umur tanaman, keragaan dan sifat ketahanannya terhadap gangguan hama dan penyakit tanaman. Pada umumnya petani sangat fanatik terhadap varietas lama maupun unggul lokal yang telah dikenal luas oleh masyarakat luas sehingga pasarnya jelas.

ubi unggul

Varietas unggul ubi kayu untuk bahan baku industri, yang produk antaranya berupa tepung dan pati ubikayu dapat dikembangkan menjadi berbagai produk industri baik melalui proses dehidrasi, hidrolisis, maupun fermentasi. Sebagai bahan baku industri, jenis ubi kayu yang memiliki potensi hasil tinggi, kadar bahan kering dan kadar pati tinggi, dianggap paling sesuai untuk bahan baku industri. Kadar HCN yang tinggi tidak menjadi masalah karena sebagian besar akan hilang pada proses pencucian, pemanasan maupun pengeringan. Beberapa varietas unggul ubu kayu yang sesuai untuk bahan baku industri antara lain varietas Adira-4, MLG-6, UJ-3, UJ-5, MLG-4 ini telah banyak ditanam petani di propinsi Jawa Timur dan Lampung.

Sumber: Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan, Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *