Jeruk Kinnow Serbu Pasar

PetaniModern.com, Kini eksportir Pakistan juga mulai mengincar pasar hortikultura di Tanah Air. Produk buah impor terbaru yang bakal masuk Indonesia adalah jeruk kinnow yang mulai tiba di pelabuhan Tanjung Priuk, Jakarta. Tak hanya menyambangi pasar Ibukota, jeruk kinnow juga mulai tiba di Surabaya, Bandung, Bogor dan sejumlah kota lainnya.  Rencananya, buah jeruk kinnow asal Pakistan tersebut akan dijual di pasar-pasar grosir dan berbagai hypermarket ternama. Jeruk kinnow juga akan dengan mudah ditemukan di supermarket dan ritel seperti Carrefour, Ranch Market, Giant Hypermarket dari kelompok bisnis Hero, Farmer’s Market, dan Lotte Mart Indonesia.

Asosiasi Eksportir, Importir dan Pedagang Buah dan Sayuran Pakistan, memprediksi ekspor kinnow dari Pakistan ke Indonesia dapat mencapai 40 ribu ton dalam kurun waktu Januari-April 2014. Para eksportir kinnow juga melihat adanya potensi persaingan ketat dengan jeruk Mandarin di pasar Indonesia khususnya terkait harga.

“Rasa produk kami jauh lebih baik daripada jeruk Mandarin,” ungkap para eksportir asal Pakistan. Untuk diketahui, Kementerian Perdagangan pernah menerbitkan izin kuota impor sebanyak 151.651 ton jeruk kinnow periode Januari-Juni 2014. Impor tersebut membuat Indonesia menjadi salah satu pasar terbesar yang menampung ekspor jeruk kinnow dari Pakistan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *